Turun ke Lokasi Pertanian Masyarakat, Bupati Taput Langsung Turunkan Traktor


     Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi Pimpinan OPD terkait turun langsung ke lokasi pertanian masyarakat seluas 27 hektar di Desa Parbaju Tonga Kecamatan Tarutung. Melihat luas areal dan kesungguhan kelompok Tani Ringasma Hita, Bupati Taput langsung mendatangkan bantuan satu unit traktor dan turut serta menanam jagung dengan menggunakan alat mesin, Senin (21/09).

     Lahan Pertanian ini adalah milik Dinas Perkebunan Pemprovsu yg terletak di Desa Parbaju Tona, Dusun Tiga Siarangarang. Luas wilayah lahan pertanian lebih kurang 27 hektar yg Dikelola oleh Kelompok Tani Ringgasma Hita dengan anggota sebanyak 22 orang.
Lahan yang telah dikelola kelompok tani Ringgasma Hita sebanyak 10 hektar.

     Berikut beberapa Komoditi tanaman yg di budidayakan di lahan pertanian ini antara lain ; Jagung, bawang merah, tomat, kubis, kopi, cabe merah. Produksi pertanian kelompok Tani ini dari komoditi Jagung dapat panen dua kali setahun dengan hasil lebih kurang 6-7 Ton Jagung, Bawang merah 4 Ton setahun, Kubis 60-70 Ton pertahun dalam 3 triwulan, Tomat 60-70 Ton tomat setahun, Kopi 250 kg  pertahun.

     Saya semangat melihat masyarakat giat seperti ini dalam bertani. Saya langsung turunkan alat berat ini dan berharap bisa digunakan untuk kemajuan kelompok tani. Apa lagi yang bisa dibantu pemerintah, sampaikan lewat Dinas Pertanian," ujar Bupati mengakhiri.

     Selanjutnya salah seorang anggota kelompok tani menyampaikan rasa bangga dan haru atas kedatangan Bupati Taput. "Terimakasih Bupati Bupati. Tidak terhitung kegembiraan kami. Luar biasa bapak langsung hadir dengan tiba tiba di lokasi pertanian kami. Luar biasa rasa bahagia kami pak," ujarnya mengakhiri.